Sabtu, 02 Januari 2010

Asal dan pokok Iman adalah dalam Hati

Asal dan pokok iman adalah dalam hati. Artinya keimanan hati merupakan syarat sah dan benarnya keimanan. Keimanan hati disini bukan sebatas mengetahui dan membenarkan Allah dan Rasulnya (qaulul qolbi) semata, namun juga harus disertai dengan amalan- amalan hati yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, berserah diri dan bergantung kepadanya, takut dan berharap pada-Nya, mengikhlaskan niat seluruh ucapan dan perbuatan hanya untuk mencari ridho Allah.

Hal ini telah ditegaskan oleh banyak ayat Al quran dan Hadist, diantaranya: firmsn allah :

"akan tetapi allah menjadikan kalian mencintai iman dan dia menghiaskan iman di dalam hati kalian."(QS.Al-Hujarat[49]:7)

jika hatinya telah terisi dengan qaulul qalbi dan amalul qalbi niscaya akan menggerakan lisan dan anggota badannya untuk patuh melaksanakan perintah - perintah allah SWT dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Iman didalam hati akan menggerakkan lisan untuk mengucapkan perkataan-perkataan yang baik dan menggerakkan badan untuk melakukan amalan-amalan yang baik dan menjauhi amalan-amalan yang buruk. Hati yang telah melaksanakan qaulul qalbi dan 'amalul qalbi akan melahirkan amal-amal shalih. Keimanan dan keshalihan lisan dalam hati akan membangkitkan keimana dan keshalihan lisan dan anggota badan.

Buruknya amal lisan dan anggota badan menunjukan buruknya qaulul qalbi atau amalul qalbi dalam hati.

Begitu juga, kekafiran yang dilakukan oleh lisan dan anggota badan menunjukan tiadanya qaulul qalbi dan amalul qalbi dalam diri seorang hamba. Sebaliknya, ucapan lisan yang baik dan amalan anggota badan yang baik juga berpengaruh besar dalam mengkokohkan qaulul qalbi dan amalul qalbi. Jadi, masing-masing saling mempengaruhi satu samalain. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

"Ingatlah!! Sesungguhnya dalam jasad itu ada sekerat daging, jika baik, naiklah jasad seluruhnya, dan jika ia rusak, rusaklah jasad seluruhnya. Ketahuilah bahwa sekerat daging itu adalah hati." (HR.Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar